Ada Pertanyaan ? +62 0274 869065

Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Telur Asin Aneka Rasa

Keterangan Gambar : Abstrak


Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Telur Asin Aneka Rasa

By APTA / 08 Feb 2021 / 0

TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN TERHADAP TELUR ASIN ANEKA RASA

Endang Salawati

Akademi Pertanian Yogyakarta

Telur adalah salah satu produk dari unggas, seperti ayam, itik, burung puyuh, dan lainnya yang banyak digemari masyarakat karena selain sumber gizi juga praktis cara pengolahannya sebagai lauk pauk. Salah satu produk olahan telur adalah telur asin yang sudah dikenal cukup lama dan banyak disukai masyarakat sebagai lauk pauk praktis dan memiliki rasa yang lezat. penelitian ini bertujuan untuk mengalihkan kejenuhan mengkonsumsi telur asin yang tanpa variasi rasa. Adanya penambahan aneka rasa pada telur asin maka memberikan daya tarik bagi konsumen penggemar telur asin serta dapat sebagai peluar bisnis inovasi dari produk yang dihasilkan dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Pola Searah dengan perlakuan T0 (telur tanpa penambahan rasa); T1 (rasa pedas dari lombok); T2 (rasa bawang putih); T3 (perpaduan rasa bawang putih dan pedas dari lombok); T4 (rasa bumbu soto) banyaknya ulangan adalah tiga kali. Telur yang digunakan sebanyak 60 butir dan masing-masing ulangan menggunakan 4 butir telur. Parameter yang diamati adalah tingkat kesukaan konsumen terhadap aneka rasa. Apabila terdapat perbedaan yang nyata maka diuji dengan Duncan's Multiple Range Test (DMRT).

Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang nyata pada tingkat kesukaan konsumen terhadap pemberian aneka rasa. Berdasarkan tingkat kesukaan konsumen telur asin rasa pedas (lombok) lah yang paling banyak disukai dibanding lainnya. Sedangkan paling tidak disukai adalah telur asin rasa soto.

Kata kunci: telur, telur asin, aneka rasa, tingkat kesukaan konsumen.


Fulltext: unduh
Hasil Peer Reviewunduh

Tulis Komentar Anda

Name

Email

Massage