PENETAPAN STRATEGI BISNIS DENGAN ANALISIS SWOT PADA USAHA SARI KEDELAI BU ADE

Sri Sari Utami, Rahayu Widowati

ABSTRACT

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai peran yang penting bagi perekonomian Indonesia. Namun, di sisi lain UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis pada usaha Sari Kedelai Bu Ade dengan analisis SWOT. Analisis SWOT dilakukan dengan mengidentifikasi kondisi internal (Strengths-Weakness) dan eksternal (Opportunities- Threats) perusahaan. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa usaha Sari Kedelai Bu Ade berada pada kuadran 1, yaitu strategi agresif. Hal terebut menunjukkan bahwa usaha Sari Kedelai Bu Ade mempunyai peluang untuk tumbuh dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Alternatif Strategi SO yang bisa diterapkan antara lain memberikan pelayanan prima, perluasan segmen pasar, kerjasama dengan jasa pengiriman paxel, pemetaan konsumen dan diskon pada momen tertentu.